Nasi kebuli itu makanan khas Timur Tengah, India atau asli Indonesia?

kebuli kambing.jpg

Menurut kamu sendiri nasi kebuli berasal dari mana? Oke simpan dulu jawaban kamu.  Sebelum membuat tulisan ini saya coba mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia online dari Kemendikbud dan hasil pencariannya

nasi » nasi kebuli

  • Nasi yang dimasak sekaligus dengan daging (bisanya daging kambing) dan diberi bumbu

Sumber: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nasi%20kebuli


Kalau istilah “nasi kebuli” terindeks dengan baik dan bahkan sudah baku dikamus, berarti ini kata ini sudah akrab dengan orang Indonesia.

Apakah dengan ini berarti nasi kebuli ini sudah cukup lama di Indonesia dan bisa dibilang sudah menjadi makanan khas Indonesia?

Nasi kebuli mulai tercipta ketika para pemuka agama asal Hadramaut Yaman menyebarkan agama Islam di India. Seperti kita ketahui India merupakan Negara yang  mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Untuk menyatukan cita rasa lidah India dan Yaman, para ulama mencampurkan rempah rempah asal timur tengah dan India serta menambahkan daging kambing sehingga terciptalah makanan dengan aroma yang khas.

Penyebaran agama Islam di India dan sekitarnya sukses, karena itu para ulama memutuskan untuk memperluas wilayah ke Negara lainnya salah satunya adalah Indonesia. Pada saat itu Indonesia sangat terkenal sebagai surga penghasil rempah rempah dunia. Sehingga lebih banyak rempah rempah yang dimasukkan kedalam racikan nasi kebuli.

Seiring berjalannya waktu,  varian nasi kebuli Indonesia pun semakin beragam tak hanya memakai daging kambing sebagai campuran. Tapi juga menggunakan daging ayam maupun sapi, sehingga menghasilkan variasi baru yang tidak menghilangkan cita rasa aslinya, tapi justru menambah keragaman.

Simak lagi yuk!

Dari komposisi masakan ini yang berasal  dari Timur Tengah, India dan Indonesia. Berikut kemiripannya:

-         Timur Tengah
Dimasak menggunakan bumbu dengan aneka rempah-rempah, kismis, kacang almond, kacang mede, susu domba dan minyak samin mendominasi rasa. Menggunakan daging domba

-         India
Menggunakan rempah khas India, garam masala, beras basmati, minyak samin, kismis dan kacang mede

-         Indonesia
Menggunakan rempah-rempah asli Indonesia, daging lebih bervariasi ada kambing, sapi, ayam, bebek

Dari sisi penamaan di negara selain Indonesia tidak mengenal istilah nasi kebuli, tapi ada masakan yang mirip walau tidak 100% sama, yaitu seperti nasi mandhi, nasi briyani, nasi kabsah, nasi kalbi, nasi Bukhori. (akan ada pada artikel berikutnya)

Tidak dapat dipungkiri hampir disetiap kota besar Indonesia apa bila terdapat tempat makan nasi kebuli biasanya didaerah sekitar komunitas keturunan Arab. Dan beberapa referensi histori jenis masakan ini cukup erat kaitannya dengan kebiasaan/ makanan khas Timur Tengah.

Dari sisi nama nasi kebuli ini memang nampak tidak ada kaitannya dengan masakan Timur Tengah, namun dari segi komposisi masakan, dari sisi peminat dan asal usul masakan memiliki relasi yang cukup erat.

Nasi kebuli seringkali disajikan pada khusus perayaan agama Islam seperti Ramadan, Maulid Nabi, hari raya Idul Fitri, dan pernikahan maupun acara acara lainnya.

Ingin mencoba nasi kebuli dengan cita rasa khas Timur Tengah, yuk kunjungi resto kami, “Nasi Kebuli Kebon Nanas” (Jl. TEBET RAYA NO. 90 ) ada banyak varian makanan dan minuman khas Timur Tengah dengan cita rasa lidah Jakarta yang kami sajikan.  Mau bikin acara gathering di resto kami juga bisa. Info lengkap bisa kunjungi website kami di “kebulindonesia.com. Kalau gak sempat datang ke Resto, silahkan mampir ke outlet outlet kami di :

 Foodcourt Transmart Cempaka Putih, lantai 3.  Jl. Jend A. Yani No. 83. Cempaka Putih. Jakarta Pusat

 Andrawina Food Center, Gedung Kopebi lantai 2, di Area Perkantoran Bank Indonesia Jl. MH. Thamrin no. 2. Jakarta Pusat

Untuk pemesanan langsung dapat menghubungi WA/HP: 08119555502, 08119555503, 081218721555, 08119275555.

021-83780550, 8352921. 

Dari infomasi diatas semoga bisa menjawab, dari mana asal nasi kebuli. Semoga bermanfaat….  

 

 

 

 

ira wirantiComment